Udah lama gak main FS gak tahunya udah banyak perkembangan baru. Diantaranya Fan Profile. Feature ini diperuntukan bagi para public figure atau kalau di Indonesia biasa disebut Artis.


Lalu apa saja yang FS tawarkan kalau kita convert profile kita ke Fan Profile?


Berikut yang mereka janjikan:



  • Leverage our mail system and web site to communicate instantly with hundreds, thousands - even millions - of your fans

  • Appear at the top of Google, Yahoo and MSN web searches

  • More Get discovered by millions of people, 24 hours a day


Artis Indonesia yang sudah pakai adalah Cindy Bernadette dan Band cewek SHE.


Saya rasa memang feature seperti inilah yang dibutuhkan para artis sehingga tidak perlu seorang artis seperti Audy harus bikin sampai 8 account FS karena dulu jumlah Friends dibatasi. Sekarang dengan adanya feature ini fans yang mau gabung otomatis diapprove jadi anggota. Jadi si artis juga gak capek harus beri approval ke ratusan fansnya. Feature ini juga bagus buat bisnis.


Tapi selain berita baik itu ada juga perkembangan buruknya. Dulu saya pernah tulis tentang maraknya pembajakan account di MySpace. Rupanya sekarang ini sudah melanda FS untuk wilayah Indonesia khususnya.


Kalau saya lihat di statistik blog saya ini pada bagian keyword search engine yang merujuk ke blog ini selalu ada yang nyasar. Kalau dilihat dari keyword yang pakai jelas blog saya ini sebenarnya bukan tujuan yang mereka cari.


Contoh keyword yang mereka pakai: “cara mengganti password friendster orang”, “bagaimana cara ngehack account friendster”.


Hmm… polos bener yah keywordnya. Ini mencerminkan siapa pemilik keyword tersebut. Paling anak SMP atau mungkin juga bisa anak SMA. Bayangkan kalau mereka menemukan cara yang mereka inginkan.


Saya mensinyalir sudah ada yang berhasil mendapatkannya dan secara aktif mempraktikanya. Baru baru ini saya mendapati account salah satu teman saya di FS menghilang. Rupanya dia kena deface, profilenya diganti dengan gambar tidak senonoh. Si “hacker” menggunakan nama “si jahil”. Dari namanya jelas ini orang gak kenal dengan siapa korbannya, dia cuma iseng ajah. Tapi dampaknya sangat merugikan orang lain.


Nah kalau keahlian baru mereka ini dengan mudah disebar luaskan ke teman temannya maka yang terjadi adalah musibah. Saya sendiri pernah mendapat percobaan serangan dengan cara teknik phising. Waktu itu saya klik profile salah satu account FS dan yang muncul adalah halaman profilenya, sesaat kemudian saya diredirect ke http://nocturno.110mb.com/f_icha.html.


Halaman itu sekarang sudah tidak ada tapi waktu itu yang tampil adalah halaman login yang persis sama dengan halaman login FS. Saya memikirkan bagaimana caranya mereka meredirect dari tampilan asli FS ke halaman itu.


Satu satunya cara memasukan code dari luar adalah pada feature Advanced Customization. Dari sini bisa masukkan CSS, object bahkan iframe. Begitu dia berhasil memasukan script untuk meredirect tinggal bikin design halaman yang sama dengan halaman login FS. Begitu korban memasukan password dan klik… Jreng.. hmm… ck ck ck anak anak sekarang dah tambah nakal yah.


Si “hacker” ini amatiran dan bukan profesional. Terlihat dari cirinya mengganti profile korbannya, photo photo dan More About Me. Kalau yang Pro biasanya tidak menyentuh profile korbannya. Bahkan si korban tidak menyadari bahwa accoutnya sudah dibajak. Si Pro biasanya hanya menggunakan profile korbannya untuk promosi produk produk tertentu dengan cara mengirim comment ke temen temen si korban.


Jadi tolong dong dik “si jahil”, dihentikan saja aksimu, kasihan kan korban korban kamu itu. Temen aku yang jadi korban itu ibu ibu loh, dia udah punya banyak temen dan komen. Sekarang dia harus mulai dari awal lagi. Saya tahu kamu tidak jahat cuma iseng doang.  Jadi bertaubatlah, masih banyak cara lain untuk mengaktualisasi diri, jangan dengan cara seperti ini.